Kamis, 04 Oktober 2012

ETIKA BISNIS

Nama            :  Indah Faridah
Kelas             : 4 EA 15
NPM             : 13209454
Mata Kuliah  : Softskill Etika Bisnis


ETIKA BISNIS

Pengertian Etika
Etika adalah sikap seseorang dan kelompok masyarakat dalam merealisasikan moralitas dalam kehidupan sehari-hari menurut ukuran dan berperilaku yang baik.
Sedangkan,
Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Pengertian Etika Bisnis
  • Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis (Velasquez, 2005).
  • Etika bisnis merupakan cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan juga masyarakat.
  • Etika bisnis adalah studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah yang harus dipelajari oleh semua perilaku bisnis.
Terapan Etika Bisnis dalam Diri Sendiri :
1.   Jujur tidak berbohong
2.   Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
3.   Lapang dada dalam berkomunikasi
4.   Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
5.   Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
6.   Tidak mudah emosi / emosional
7.   Berinisiatif sebagai pembuka dialog
8.   Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
9.   Menggunakan pakaian yang pantas sesuai keadaan
10. Bertingkah laku yang baik.

Terapan Etika Bisnis dalam Masyarakat :
Di dalam masyarakat suatu etika di bagi menjadi dua macam yaitu :
1. Etika Relatif / Subyektif
yang mana etika ini diyakini sebagai suatu tindakan yang benar dan berlaku di daerah tertentu saja.
Contoh :
·         berbicara dan berperilaku sopan kepada orang yang lebih tua
·         meminta ijin saat berjalan melewati orang yang sedang duduk
2. Etika Universal
yang mana suatu etika ini dianggap benar di banyak tempat.
Contoh :
·         menghidupkan retting saat akan berbelok di jalan raya
·         mengetuk pintu pada saat akan memasuki suatu ruangan.

Terapan Etika Bisnis Dalam Perusahaan :
Etika bisnis dalam perusahaan memiliki peran yang sangat penting, yaitu untuk membentuk suatu perusahaan yang kokoh dan memiliki daya saing yang tinggi serta mempunyai kemampuan menciptakan nilai (value-creation) yang tinggi, diperlukan suatu landasan yang kokoh.
 
Contoh kasus etika bisnis:

1.      Sebuah perusahaan pengembang di Lampung membuat kesepakatan dengan sebuah perusahaan-perusahaan kontraktor untuk membangun sebuah pabrik. Sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati pihak pengembang memberikan spesifikasi bangunan kepada pihak perusahaan kontraktor tersebut. Dalam pelaksanaannya, perusahaan kontraktor menyesuaikan spesifikasi bangunan pabrik yang telah dijanjikan. Sehingga bangunan pabrik tersebut tahan lama dan tidak mengalami kerusakan. Dalam kasus ini pihak perusahaan kontraktor telah mematuhi prinsip kejujuran karena telah memenuhi spesifikasi bangunan yang telah mereka musyawarahkan bersama pihak pengembang.
2.            Sebuah Yayasan Maju Selalu menyelenggarakan pendidikan setingkat SMA. Pada tahun ajaran baru sekolah mengenakan biaya sebesar Rp.500.000,- kepada setiap siswa baru. Pungutan sekolah ini diinformasikan kepada mereka saat akan mendaftar,sehingga setelah diterima,mereka harus membayarnya. Kemudian pihak sekolah memberikan informasi ini kepada wali murid bahwa pungutan tersebut digunakan untuk biaya pembuatan seragam sekolah yang akan dipakai oleh semua murid pada setiap hari rabu-kamis. Dalam kasus ini Yayasan dan sekolah dapat dikategorikan mengikuti transparasi.

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar