Sabtu, 21 April 2012

Softskill Bahasa Indonesia 2


 Nama  : Indah Faridah
 Kelas  : 3ea15
 NPM   : 13209454
 Makul : Tugas Wajib Softskill Bahasa Indonesia 2


“ANALISIS PENGARUH BAHASA GAUL DALAM PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA”

Berikut ini adalah contoh kasus penelitian bahasa gaul yang digunakan ketua HMI FKIP UMM.
Nama               : Dedi
Jurusan            : Bahasa Inggris / semester VII
Asal                 : Kalimantan

Peneliti melakukan penelitian pada saat latihan kader 1 yang dilakukan di Desa Dadaprejo Batu-Malang.
Berikut kata sambutan ketua HMI pada saat membuka acara pembukaan latihan kader 1 FKIP UMM.

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh....?
Alhamdulillah kita panjadkan puji syukur kita kehadirat Allah Awt, karena berkat dan rahmad-Nya kita bisa berkumpul ditempat ini dalam acara latihan kader 1 FKIP Univ. Muhammadiyah Malang. Dan tak lupa bagi kita semua agar selalu mengirimi salawat beserta salam kepada jinjungan kita nabo besar Muhammad SAW.
Selamat datang saya ucapkan pada teman-teman sekalian, selamat berproses di dunia HMI. Selesai latihan kader ini bukan berarti selesai perjalanan teman-teman dalam berorganisasi, tapi ini merupakan awal dari proses teman-teman.
Banyak orang mengatakan bahwa mahasiswa itu terbagi menjadi beberapa golongan, dari mahasiswa yang sesungguhnya sampai yang hanya nebeng nama saja.
Saya ingin menyampaikan satu prinsip saya pada teman-teman, kita berangkat dari rumah dengan tujuan kuliaj menghabiskan banyak midal dari orang tua baik berupa tenaga, perasaan, uang dan sebagainya. Alangkah baiknya dengan pengorbanan yang banyak itu kita dapat memperoleh berbagai pengalaman selain dari ijazah kuliah.
Emang kagag salah kita hanya konsentrasi hanya pada kuliah kita saja, tapi alangkah baiknya klo kesempatan ini kita manfaatkan untuk mencari wawasan dan pengalaman yang luas, salah satunya dengan mengikuti organisasi yang ada. Banyak hal lain yang tidak kita dapatkan dalam perkuliahan dan hal itu tidak lain bisa kita temui di dunia organisasi.
Akhirnya saya mengucapkan selamat datang dan selamat berproses di HMI. Salam sukses bagi kita semua, sesuai dengan keyakinan kita “YAKUSA” yakin usaha sampai.
Bilahitaufik walhidayah wassalammualaikum wr,wb.

Dari kata sambutan diatas dapat kita lihat perbedaan bahasa yang digunakan :

BAHASA INDONESIA
BAHAS A GAUL RAMAJA
Teman

Tidak

Memang

Temen

Kagag

emang

Analisis :

Dalam kata sambutan diatas kita bisa melihat bahwa pemakaian bahasa diatas adalah  pemakaian bahasa gaul. Karena tidak sedikit masyarakat yang bisa menggunakan bahasa indonesia dengan benar.
Gejala bahasa yang dapat menghambat pertumbuhan  dan perkembangan bahasa indonesia dianggap sebagai penyimpangan terhadap bahasa. Kurangnya kesadaran untuk mencintai bahasa di negri sendiri berdampak pada tergilasnya atau lunturnya bahasa indonesia dalam pemakaiannya dalam masyarakat terutama dikalangan remaja.
Banyak kalangan remaja menggunakan bahasa gaul akibat dari perkembangan zaman yang kian mengalami kemajuan baik dari dunia pendidikan maupun teknologi.
Apalagi dengan maraknya dunia kalangan artis menggunakan bahasa gaul dimedia massa dan elektronik, membuat remaja semakin sering menirukannya dikehidupan sehari-hari hal ini sudah menjadi wajar karena remaja suka meniru hal-hal yang baru.
Seharusnya untuk kalangan remaja harus memiliki kesadaran untuk bisa menerapkan kata-kata dalam bahasa indonesia dengan benar dan mengejanya pun juga harus sesuai dengan EYD. Dengan begitu kita tetap bisa menjaga dengan baik Bahasa Indonesia untuk zaman sekarang dan dimasa yang akan datang, agar tidak selamanya mengikuti aliran budaya barat.

Refrensi :
Mocoe.wordpress.com.
Sofa, Maret 31, 2008. Penggunaan Ragam Bahasa Gaul Dikalangan Remaja. (online)
http//google.com

1 komentar:

  1. hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti
    - www.gunadarma.ac.id
    - www.studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain
    karna link link tersebut mempengaruhui kriteria penilaian mata kuliah soft skill
    makasi :)

    BalasHapus