Sabtu, 21 April 2012

Tugas Softskill Bahasa Inggris 2


Nama  : Indah Faridah
Kelas   :1ea21 (Pengulangan) / 3ea15
NPM   : 13209454
Makul : Softskill Bahasa Inggris 2

NOUN CLAUSE

A.    PENGERTIAN
Noun Clause adalah klausa yang berfungsi sebagai nomina. Karena fungsinya sebagai nomina, maka noun clause dapat menduduki posisi-posisi berikut :
1.      Subjek Kalimat
2.      Objek verba transitif
3.      Objek preposisi
4.      Pelengkap
5.      Pemberi keterangan tambahan

A noun clause does the work of a noun in a sentence or phrase. It is a group of words containing a subject and a finite verb its own.

B.     Macam-macam Noun Clause dan Contoh Kalimat Noun Clause
1.      Noun Clause sebagai subjek kalimat
v  Contoh :
·         What you said doesn’t convice me at all
·         How he becomes so rich makes people curious
2.      Noun Clause sebagai transitif
v  Contoh :
·         I know what you mean
·         I don’t understand what he is talking about
3.      Noun Clause sebagai objek preposisi
v  Contoh :
·         Please listen to what yur teacher is saying
·         Be careful of what you’re doing

4.      Noun Clause sebagai pelengkap
v  Contoh :
·         This is what i want
·         That is what you need
5.      Noun Clause sebagai pemberi keterangan tambahan
v  Contoh :
·         The idea that people can live without oxygen in unreasonable
·         The fact that Rudi always comes late doesn’t surprise me

C.     There are there fore just three basic types of noun clauses :
·         These that start with a question word such as where, how, who, when, and why.
·         These that start with whether, whatever, etc or if.
·         Those that start with that.
v  Examples of the noun clause :
·         Where does idot live?
·         If idot buys a ferrari
·         That Mrs. Stanty is a good teacher

D.    Artikel Noun Clause
Oleh : dr. Rosdiana
Sebanyak 46,1 % dari 1200 remaja dan dewasa didataran rendah dan tinggi mengalami dehidrasi ringan, berdasarkan hasil penelitian dari The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) tahun 2009.
THIRST merupakan penelitian kerja sama 3 perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga (UNAIR), serta Pasca Sarjana  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanudin (UNHAS), yang meneliti tingkat dehidrasi masyarakat indonesia yang dikelompokkan dalam dua ekologi, dataran rendah dan dataran tinggi.
Dari prenelitian yang mengambil sampel sebanyak 1200 orang pada 4 lokasi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan dan dibagi ke dalam dua kelompok ekologi dataan rendah (Jakarta, Surabaya, dan Makasar) dan  dataran tinggi (Lembang, Malang, dan Malino), ditemukan bahwa 46,1% penduduk mengalami dehidrasi ringan dan remaja memiliki jumlah yang tinggi (49,5%) dibanding dewasa (42,5%) yang mengalami dehidrasi ringan.
Penyebab utama masalah ini adalah rendahnya pengetahuan mereka tentang fungsi air bagi tubuh, kebutuhan air minum, manfaat air minum bagi kesehatan, dan akses pada air minum. Dari penelitian ini subjek dewasa memiliki pengetahuan yang lebih baik dari remaja.
Prof. Dr. Ir. Hardiansyah, MS, dari Institut Pertanian Bogor yang menjadi ketua penelitian mengatakan, “Air sebenarnya merupakan bagian dari zat gizi dan sam pentingnya, seperti halnya karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Namun hal ini sering terlupakan. Kurangnya asupan air dapat menyebabkan gangguan fisik.
Kebutuhan air minum beragam tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas. Jumlah kebutuhan air tubuh adalah 1 mililiter/kkal kebutuhan energi tubuh kita. Dengan kebutuhan energi remaja dan dewasa antara 1800-3000 kkal, maka kebutuhan air tubuh bagi remaja dan dewasa berkisar antara 1,8-3,0 liter/hari.
Karena sekitar 1/3 konsumsi air tubuh diperoleh dari makanan (invisible water) maka konsumsi air dari minuman sekitar 2 liter/hari. Namun tanpa disadari, ternyata kita sering kurang minum air, padahal sebagai penduduk Indonesia yang tinggal didaerah tropis, air merupakan kebutuhan yang sangat penting.
Dehidrasi dapat mengakibatkan gangguan dalam fungsi otak seperti konsentrasi dan kemampuan berpikir disamping secara fisik dapat menurunkan stamina dan produktivitas kerja melalui gangguan sakit kepala, lesu, lemas dan kejang hingga pingsan. Dalam jangka panjang dehidrasi dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (UTI-Urinary Track Infection) dan terjadinya batu ginjal.

E.     Contoh Soal :
1.      Fakultas mana saja yang melakukan penelitian tentang dehidrasi untuk remaja dan  dewasa?
Jawab : Ada 3 Fakultas yang melakukan penelitian yaitu IPB, UNAIR, dan UNHAS.
2.      Berapa banyak sampel yang diambil untuk melakukan penelitian tersebut?
Jawab : sebanyak 1200 sampel orang.
3.      Apa penyebab utama masalah dehidrasi?
Jawab : Penyebab utama masalah ini adalah rendahnya pengetahuan mereka tentang fungsi air bagi tubuh, kebutuhan air minum, manfaat air minum bagi kesehatan, dan akses pada air minum.
4.      Dalam waktu jangka panjang dehidrasi dapat menyebabkan penyakit apa?
Jawab : infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

v  Refrensi (Conjunction dan Noun Clause) :
smp5sleman.wordpress.com
andrianijuanurly.blogspot.com
heribertusdwi.blogspot.com
dokterspesialis.info


Tidak ada komentar:

Posting Komentar